Senin, 19 September 2011

Sedikit Info Bekpek ke Rinjani

Bismillah.
Notes ini ditulis sebagai tindak lanjut dari rekues beberapa teman kami mengenai tips trik bekpek ke Rinjani, Lombok. Anda bisa dapatkan banyak infonya di google, tapi mungkin ada yang tidak available di google. Semoga tulisan ini mengcover beberapa hal yang Anda cari namun tidak anda dapatkan.

Porter
Porter di Rinjani itu cukup banyak. Rate-nya Rp.100rb/hari. Sedangkan naik rinjani bisa 3-5 hari tergantung fisik dan stamina, serta mau muncak atau nggak. Yang dicover porter itu adalah semua beban baik itu tenda, logistik, dan lain2 maksimal seberat 30 kg. Melebihi itu maka tambah porter lagi. Porter tidak menyediakan apapun kecuali tenaga angkat dan keterampilan memasak serta memasang tenda. Anda tidak perlu menyediakan tenda untuk porter, tapi Anda harus bawa tenda sendiri. Jadi simpelnya, jika Anda memanfaatkan jasa porter, tinggal bawa ransel kecil isi barang pribadi dan minuman/makanan ringan saja. Oia, porter di sini juga katanya terlatih untuk memasak berbagai jenis masakan, di antaranya masakan barat dan indonesia. Jadi tidak usah khawatir untuk masalah rasa ^^
Guide
Secara aturan, setiap pendaki/kelompok pendaki diharuskan menyertakan guide, terutama yang belum pernah naik Rinjani sebelumnya. Guide sendiri beda dengan porter, rate-nya sekitar 150rb. Guide maksimal membawahi 9 orang pendaki, lebih dari itu maka dibutuhkan guide tambahan karena akan sulit mengaturnya. Biasanya mahasiswa2 UNRAM (Universitas Mataram) banyak yang menjadi guide, dan ada juga guide dari penduduk setempat. Mereka bisa berbahasa inggris, itu sekiranya Anda membawa teman bule. Guide akan membawa sendiri tenda dan peralatan mereka, jadi Anda tidak perlu menyediakan apa2. Di bagian comment notes ini akan saya cantumkan CP Guide saya waktu kemarin ke Rinjani jika ingin bertanya lebih lanjut.

Kapan harus pakai porter?
Anda bisa naik rinjani tanpa porter, jika Anda yakin dengan kondisi fisik. Hal ini karena kontur gunung Rinjani yang cukup terjal dan panjang setelah melewati pos 3 Sembalun. Jika Anda melewati Senaru, maka dari bawah sampai atas itu isinya tanjakan semua. Jika tidak yakin, pakailah jasa porter :D

Lain2
Kondisi udara di Rinjani agak berbeda dengan gunung2 di jawa pada umumnya, dimana gunung ini cukup kering dan mudah terbakar terutama pada musim kemarau, oleh sebab itu sering kita lihat bagian2 dari gunung yang tertutup abu karena semaknya terbakar. Pakailah masker jika perlu, serta topi untuk menghindari direct sun hit serta lotion tabir surya. Hal ini penting untuk menjaga supaya tubuh tidak banyak kehilangan air. Pada musim kemarau sulit dijumpai air dari bawah sampai pos 3, sehingga bagi Anda yang banyak minum, bawalah air yang banyak.

Colek Me If I'm Wrong. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan dan berkaitan dengan isi tulisan. Hindari berkata tanpa ilmu dan bertanya yang tidak berfaidah.