Selasa, 05 Maret 2013

Nash dan Pendapat Ulama tentang Berakhirnya Khilafah

Khilafah Nubuwwah secara jelas diungkapkan oleh Rasulullah -shallallahu 'alaihi wasallam- berumur 30 tahun, setelah itu muncul masa kerajaan. Tapi sekelompok orang mencoba mentakwilnya sehingga menurut klaim mereka, khilafah runtuh pada 3 Maret 1924. Telah ada tulisan yang mengoreksi mereka dalam hal ini, namun yang tertulis di sini hanyalah sebagai pelengkap dari yang belum tercantum di tulisan itu, sebagiannya lagi mengulang dari apa yang sudah tertulis.

Berikut kami cantumkan beberapa perkataan ulama mengenai kekhilafahan 30 tahun.

  • Ibnu Taimiyah dalam Majmu' Fatawa (4/478)
 واتفق العلماء على أن معاوية أفضل ملوك هذه الأمة، فإن الأربعة قبله كانوا خلفاء نبوة، وهو أول الملوك، كان ملكه ملكًا ورحمة.

Para ulama telah sepakat bahwa Mu'awiyah adalah raja paling utama umat ini. Sesungguhnya empat orang sebelumnya adalah para khalifah nubuwah, dan dia adalah raja pertama, dan kekuasaannya adalah berbentuk kerajaan dan penuh rahmat.
  • Ibnu Abil 'Izz Al Hanafi dalam Syarh Aqidah Ath Thahawiyah (1/482):
وأول ملوك المسلمين معاوية رضي الله عنه وهو خير ملوك المسلمين

Raja pertama kaum Muslimin adalah Mu’awiyah dan beliau adalah sebaik-baik raja kaum Muslimin.

  • Ibnu Katsir dalam Al Bidayah wan Nihayah (8/144):
حدثنا أبو نعيم حدثنا ابن أبي عتيبة عن شيخ من أهل المدينة قال قال معاوية أنا أول الملوك وقال ابن أبي خيثمة: حدثنا هارون بن معروف حدثنا حمزة عن ابن شوذب قال: كان معاوية يقول أنا أول الملوك وآخر خليفة، قلت: والسنة أن يقال لمعاوية ملك، ولا يقال له خليفة لحديث سفينة: " الخلافة بعدي ثلاثون سنة ثم تكون ملكا عضوضا "

Berkata Ibnu Abi Khaitsamah: Telah mengabarkan pada kami Harun bin Ma'ruf, ia berkata: Telah mengabarkan pada kami Hamzah dari Ibnu Syaudzab, ia berkata: Mu'awiyah (bin Abi Sufyan) berkata: "Aku raja pertama dari para raja (dalam Islam) dan akhir khalifah."

Aku (Ibnu Katsir) berkata: Dan sesuai sunnah, Mu'awiyah disebut sebagai raja, dan tidak disebut khalifah berdasarkan hadits Safiinah: "Khilafah setelahku tiga puluh tahun, kemudian datang setelah itu masa kerajaan yang menggigit."

  • Imam Adz Dzahabi dalam Siyar A'lamin Nubala:
وقال الذهبي في ترجمته: « أمير المؤمنين ملك الإسلام ».‎ 
وقال: « ومعاوية من خيار الملوك، الذين غلب عدلهم على ظلمهــم » .

Berkata Adz Dzahabi dalam biografi Mu'awiyah: "Amirul Mukminin, raja Islam", kata beliau juga: "Mu'awiyah termasuk di antara raja-raja terbaik yang keadilan mereka mengalahkan kezhalimannya."

  • Badruddin Al 'Ainiy dalam ‘Umdatul Qari Syarh Shahih Bukhari

 دعواه الخلافة لا يصح لقوله الخلافة بعدي ثلاثون سنة ومعاوية ومن بعده يسمون ملوكا ولو سموا خلفاء

Pengakuan atas kekhilafahannya tidak benar berdasarkan hadits: "Khilafah sesudahku adalah 30 tahun", adapun Mu’awiyah dan orang-orang sesudahnya adalah raja, walaupun dipanggil khalifah.

  • Ibnu Hajar dalam Fathul Baari (12/392)
واما معاوية ومن بعده فكان أكثرهم على طريقة الملوك ولو سموا خلفاء والله أعلم

Adapun Mu’awiyah dan orang-orang sesudahnya kebanyakan berada pada thariqah raja-raja walaupun disebut khalifah. Wallahu a'lam.

  • Al Munawi dalam Faidhul Qadir syarh Jami'ush Shaghir (3/678)
(الخلافة) قال الحافظ في الفتح : أراد بالخلافة خلافة النبوة وأما معاوية ومن بعده فعلى طريقة الملوك ولو سموا خلفاء (بعدي في أمتي ثلاثون سنة)

(Al Khilafah) kata Ibnu Hajar dalam Al Fath (12/392) : Yang dimaksud adalah khilafah nubuwah, adapun Mu'awiyah dan orang-orang sesudahnya berada pada thariqah raja-raja walau disebut khalifah (sesudahku di tengah umatku adalah 30 tahun).

  • Tuhfatul Ahwadzi bi Syarhi Jaami' At Tirmidzi:
قوله ( الخلافة في أمتي ثلاثون سنة ) وفي رواية أبي داود خلافة النبوة ثلاثون سنة قال العلقمي قال شيخنا يعني الحافظ السيوطي لم يكن في الثلاثين بعده صلى الله عليه و سلم إلا الخلفاء الأربعة وأيام الحسن قال العلقمي بل الثلاثون سنة هي مدة الخلفاء الأربعة كما حررته فمدة خلافة أبي بكر سنتان وثلاثة أشهر وعشرة أيام ومدة عمر عشر سنين وستة أشهر وثمانية أيام ومدة عثمان إحدى عشرة سنة وأحد عشر شهرا وتسعة أيام ومدة خلافة علي أربع سنين وتسعة أشهر وسبعة أيام هذا هو التحرير فلعلهم ألغوا الأيام وبعض الشهور 

Sabda Nabi: (Khilafah di tengah umatku adalah 30 tahun), dalam riwayat Abu Dawud: Khilafah nubuwah 30 tahun. Menurut Al 'Alqami, kata As Suyuthi 30 tahun pasca Nabi SAW itu adalah era empat khalifah dan masa al-Hasan. Al 'Alqami berkata 30 tahun itu hanya pada era empat khalifah, yaitu: Abu Bakar 2 tahun 3 bulan 10 hari; Umar 10 tahun 6 bulan 8 hari; Utsman 11 tahun 11 bulan 9 hari; 'Ali 4 tahun 9 bulan 7 hari.

والمخالفون ملوك لا خلفاء وإنما تسموا بالخلفاء لخلفهم الماضي وأخرج البيهقي في المدخل عن سفينة أن أول الملوك معاوية رضي الله عنه والمراد بخلافة النبوة هي الخلافة الكاملة وهي منحصرة في الخمسة فلا يعارض الحديث لا يزال هذا الدين قائما حتى يملك اثنا عشر خليفة لأن المراد به مطلق الخلافة والله أعلم انتهى كلامه 

Raja berbeda dengan khalifah, mereka itu disebut khalifah karena menggantikan orang sebelumnya. Al Baihaqi dalam al Madkhal meriwayatkan dari sahabat Safinah -radhiyallahu 'anh-, "Raja pertama adalah Muawiyah radhiyallahu 'anhu". Yang dimaksud dengan Khilafah An Nubuwwah adalah khilafah yang sempurna yang terbatas pada 5 (khalifah). Hal ini tidak bertentangan dengan hadits agama ini akan senantiasa tegak hingga berkuasa 12 orang khalifah, karena yang dimaksud adalah khilafah (kekuasaan) dalam arti umum. Wallahu a'lam. 

  • Dari Safinah, Riwayat At Tirmidzi:
قال سفينة : أمسك خلافة أبي بكر رضي الله عنه سنتين ، و خلافة عمر رضي الله عنه عشر سنين ، و خلافة عثمان رضي الله عنه اثني عشر سنة ، و خلافة على رضي الله عنه ست سنين "

و زاد الترمذي :
" قال سعيد : فقلت له : إن بنى أمية يزعمون أن الخلافة فيهم ، قال : كذبوا بنو الزرقاء ، بل هم ملوك من شر الملوك "

At Tirmidzi menambahkan:
Sa'id berkata, aku berkata pada Safinah: "Sesungguhnya Bani Umayyah mengklaim bahwa kekhilafahan ada pada mereka.". Maka Safinah menjawab: "Bani Zarqa telah berdusta. Bahkan mereka seburuk-buruk raja."

Demikian sebagian kutipan para ulama mengenai masa khilafah 30 tahun, kemudian setelah itu masa kerajaan yang dimulai dari masa Mu'awiyah -radhiyallahu 'anhu- sampai sekarang. Wallahu a'lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan dan berkaitan dengan isi tulisan. Hindari berkata tanpa ilmu dan bertanya yang tidak berfaidah.