Jumat, 21 Desember 2012

Ucapan Radhiyallahu 'anhu kepada Selain Sahabat Rasulullah

Soal:
Apa hukum perkataan "Radhiyallahu 'anhu" untuk selain sahabat Rasulullah, semisal untuk Ibnu Taimiyah atau tabi'in (generasi setelah sahabat)? Kemudian mengenai para Nabi dan Rasul, apakah kepada mereka dikatakan "Shallallahu 'alaihi wasallam" atau itu hanya kekhususan untuk Rasul Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam?

Jawab:
Boleh yang demikian itu sebagi hak orang shalih dan ahli ibadah yang zuhud, dan ulama yang mushlih dari kalangan tabi'in dan tabi'ut tabi'in, dan para imam di kalangan ulama umat ini dari Ahlus Sunnah yang telah menolong agama ini, dan dikenal karena curahan usaha mereka dalam ilmu dan amal, juga perbaikan serta manfaat mereka bagi umat, seperti imam madzhab yang empat dan ulama Ahlus Sunnah wal Jama'ah. Walaupun, istilah ulama yang dikenal sebagai pengkhususan ucapan tersebut atas sahabat, berdasar firman Allah:

 وَالسَّابِقُونَ الْأَوَّلُونَ مِنَ الْمُهَاجِرِينَ وَالْأَنْصَارِ وَالَّذِينَ اتَّبَعُوهُمْ بِإِحْسَانٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ

"Orang-orang yang pertama masuk Islam dari kalangan Muhajirin dan Anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dalam kebaikan, Allah ridha kepada mereka dan mereka pun ridha kepada Allah.."

Adapun untuk selain sahabat, maka para ulama mengistilahkannya sebagai permintaan rahmat dan memohonkan surga dan kemuliaan (bagi yang didoakan). Dan tidak ada halangan untuk mendoakan keridhaan Allah bagi mereka. Sesungguhnya Allah ta'ala telah mengabarkan bahwa Dia telah ridha kepada hamba-hambaNya yang mukmin seperti yang disebutkan dalam akhir surat Al Mujadilah dan akhir surat Al Bayyinah. 

Mengenai para nabi dan rasul, maka para ulama mengistilahkan dengan diucapkannya salam kepada mereka. Maka dikatakan tentang Musa: 'alaihissalaam, dan tentang Idris, Nuh, Ibrahim, dan Isma'il:'alaihimussalam, dan terdapat juga (dalil) bahwa salah satu dari mereka dikatakan 'alaihish shalatu wassalaam atau shallallahu 'alaihi wasallam, dan tidak ada masalah mengenai ucapan tersebut.


Fatwa no. 3680
Syaikh Abdullah bin Abdurrahman Al Jibrin -rahimahullah-

Teks asli:
رقم الفتوى 3680
موضوع الفتوى حكم قول رضي الله عنه لغير الصحابة؟

السؤال س: ما حكم قول (رضي الله عنه) لغير الصحابة كابن تيمية والتابعين وهل كل نبي ورسول كلما جاء ذكره يقال (صلى الله عليه وسلم) أم أنها خاصة بالرسول محمد صلى الله عليه وسلم ؟

الاجابـــة يجوز ذلك في حق الصالحين والعُبَّاد الزاهدين، والعُلماء المُصلحين من التابعين وتابعي التابعين وأئمة عُلماء الأمة من أهل السُنة الذين نصروا الدين واشتهر عنهم ما قاموا به من العلم والعمل والإصلاح والنفع للأمة كالأئمة الأربعة وعُلماء أهل السُنة والجماعة، ولكن اشتهر اصطلاح العلماء على تخصيص الصحابة بالترضِّي لقول الله تعالى: وَالسَّابِقُونَ الْأَوَّلُونَ مِنَ الْمُهَاجِرِينَ وَالْأَنْصَارِ وَالَّذِينَ اتَّبَعُوهُمْ بِإِحْسَانٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ واصطلحوا على أن غير الصحابة يُترحَّم عليهم غالبًا ويُدعى لهم بالجنة والكرامة، ولم يمنعوا من الترضي عنهم؛ فإن الله تعالى قد أخبر بأنه قد رضي عن عباده المؤمنين كما في آخر سورة المُجادلة وآخر سورة البيّنة، وأما الأنبياء والرُسل فاصطلحوا على أنه يُسلم عليهم فيُقال عن موسى (عليه السلام)، وعن إدريس ونوح وإبراهيم وإسماعيل ونحوهم (عليهم السلام)، ويأتي أيضًا أن يُقال عن أحدهم (عليه الصلاة والسلام) أو (صلى الله عليه وسلم)، ولا مانع من ذلك.

الشيخ عبد الله بن عبد الرحمن الجبرين -رحمه الله -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan dan berkaitan dengan isi tulisan. Hindari berkata tanpa ilmu dan bertanya yang tidak berfaidah.